Pesawaran Masuk Tahap Pertama Migrasi TV Anolog Ke Digital

  

PESAWARAN – Rencana Pemerintah Pusat Bakal Mengalihkan TV Analog Ke TV Digital Yang Akan Dilakukan Pada Tahun 2022 Dengan Tiga Tahapan.

Kepala Dinas Kominfo, Statistik, dan Persandian Kabupaten Pesawaran Jayadi Yasa, mengatakan bahwa Kabupaten Pesawaran masuk dalam tahap pertama migrasi TV Analog ke TV Digital.

“Sesuai instruksi Pemerintah Pusat, Kabupaten Pesawaran masuk dalam tahap pertama peralihan TV Analog ke TV Digital atau Analog Switch Of (ASO), yaitu pada April 2022, tapi sekarang kita masih dalam tahap sosialisasi,” kata dia, Jumat 4 Februari 2022.

Dirinya menjelaskan, kebijakan tersebut dilakukan sebagai bentuk upaya Pemerintah untuk mengejar ketertinggalan dengan negara lain, serta memberikan pelayanan Televisi yang berkualitas bagi masyarakat.

“Nantinya siaran TV Analog akan dihentikan oleh Pemerintah dan mengganti ke siaran TV Digital, hal ini dilakukan agar masyarakat mendapatkan siaran TV yang lebih bersih dan jernih serta dengan resolusi yang lebih baik,” ujarnya.

Menurutnya, Pemerintah telah menyiapkan program agar masyarakat kedepan tetap bisa menikmati siaran TV digital, khususnya bagi masyarakat yang tidak mampu.

“Kalau sebelumnya masyarakat menggunakan TV tabung, tetap bisa menikmati siaran TV digital namun harus memasang Set Top Box (STB), nah khusus bagi masyarakat yang kurang mampu, pemerintah juga akan memberikan bantuan pemasangan STB tersebut secara gratis, rencananya kami akan menggunakan data DTKS yang ada di Dinas Sosial untuk memberikan bantuan STB tersebut,” ungkapnya.

“Tapi yang pasti kami masih menunggu juklak dan juknisnya lebih lanjut, dan sekarang kita masih melakukan sosialisasinya terlebih dahulu,” pungkasnya.

0 Komentar