"Pekon waluyojati kecamatan pringsewu optimalkan dana desa dalam cegah stunting".


Pringsewu - Upaya mencegah kasus stunting di pekon waluyojati dapat dilakukan dengan mengoptimalkan dana desa. 

Karena penanggulangan stunting di desa merupakan salah satu program prioritas nasional dan juga masuk ke dalam program prioritas pembangunan desa.

Kepala Pekon Waluyojati Gunawan  mengatakan guna mengoptimalkan penggunaan dana desa untuk pencegahan dan penanggulangan stunting . Rabu 8- mei- 2024.

Pengoptimalan dana desa dalam mencegah stunting juga dapat dilakukan dengan memberi bantuan makanan  tambahan untuk balita dan ibu hamil , membangun fasilitas kesehatan, agar setiap desa memfasilitasi terkait pembangunan gedung posyandu serta poliklinik desa.

“Pembangunan Gedung Posyandu ini merupakan kegiatan pembangunan sarana prasarana kesehatan masyarakat untuk peningkatan kualitas dan akses terhadap pelayanan sosial, tujuannya mendorong optimalisasi kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat,” Ungkap Gunawan.

Maka dari itu pemberian makanan tambahan (PMT) merupakan sebuah program yang bertujuan untuk kesehatan bayi dan balita, memastikan tumbuh kembang anak sesuai dengan umurnya, dan mencegah stunting.

Program ini diadakan guna untuk mencegah stunting, yakni gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu yang lama. 

Kondisi ini menyebabkan peghambatan perkembangan dan pertumbuhan bayi sehingga bayi menjadi pendek. 

Stunting terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru terlihat saat anak berusia dua tahun. 

Maka dari itu program bantuan ini diperuntukan untuk Bumil (Ibu Hamil) dan Baduta (Bayi Bawah Dua Tahun).

(Delta/red)

0 Komentar