Wabup Way Kanan Hadiri Musrenbang Tingkay Kecamatan


Waykanan (MD9) - Wakil Bupati Way Kanan Drs. H. Ali Rahman, M.T  menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) tingkat Kecamatan tahun 2024/ 2025 di aula kecamatan waytuba rabo 7/02/2024

Acara tersebut  berlangsung di 2 tempat dalam sehari, Musrenbang tingkat Kecamatan Tahun 2024 ini, merupakan bagian penting dari perencanaan pembangunan Musdus,Musrenbangkam, sebagai upaya untuk mewujudkan sinergitas pembangunan dari tingkat Kampung, Kecamatan dan Kabupaten.Melalui Musrenbang ini akan menentukan arah kebijakan dan program pembangunan tahun 2025 kedepan 


Pada rangkaian pertama bertempat di aula kecamatan Way Tuba Wakil Bupati disambut langsung oleh Camat Way Tuba Johanis, S.E., M.M. beserta Staf Kecamatan dan Para Kepala Kampung juga Aparatur Kampung Setempat.

Dalam pidatonya  Ali Rahman mengatakan  bahwa penyelenggaraan Musrenbang tingkat Kecamatan ini adalah kelanjutan dari Musrenbang tingkat Kampung, dan merupakan bagian yang penting dalam rangka mencari masukan guna menyusun perencanaan pembangunan tahun anggaran 2025. Mendatang. 

Pada kesempatan itu juga Pemerintah  kabupaten Way Kanan menyumbangkan lampu jalan yang didapat dari hibah pemda DKI beberapa tahun lalu untuk kampung-kampung yang kurang penerangan jalannya.

“jadi nanti nanti pemerintah kampung ke kabupaten untuk mengurus pengambilan lampu jalan itu.” ungkap Wabup.

Usai kegiatan di kecamatan Way Tuba, Wabup beserta rombongan yang terdiri dari Sekretaris DPRD Way Kanan, 2 anggota dewan dari dapil 2 yaitu Bambang Irawan dan Sairul Sidiq, beberapa kepala dinas juga staf dinas, berangkat menuju Kecamatan Buay Bahuga yang disambut langsung oleh Edi Alamsyah, S.E., Camat Buay Bahuga beserta jajarannya.

Pada kesempatan tersebut peserta musrembang meyampaikan keluhannya mengenai kelangkaan pupuk subsidi yang terjadi di wilayah kecamatan yang terkenal dengan persawahannya, hal ini menjadi catatan penting bagi dinas pertanian dimana pupuk subsidi tidak diperbolehkan dipakai untuk sawit, karet, singkong dan tebu.

Menanggapi hal tersebut Wabup meminta kepada pihak Dinas pertanian lebih intens dalam mengaplikasikan pembagian pupuk bersubsidi, dirinya pun berharap agar semua pihak ikut memantau dan melaporkan apabila ada pelanggaran terhadap pupuk bersubsidi.

Ali Rahman juga menyampaikan data tentang Pertumbuhan Ekonomi tahun 2022 mencapai 4,41% meningkat dimana dari tahun 2021 sebesar 2,90%, ini hampir sama dengan tingkat Nasional, kemudian pada tahun 2021 (PDRP) Penanganan Daerah Rawan Pangan, atas dasar berlaku di Kabupaten Way Kanan mencapai 14,66 Triliun, kemudian meningkat pada tahun 2023, mencapai 16,15 Triliun Rupiah. (R, saputra)

0 Komentar