Nanda Berharap Kontribusi Nyata Pramuka Dalam Pemilu 2024


Pesawaran - Satuan Karya Pramuka Adyasta Pemilu disingkat Saka Adyasta Pemilu adalah satuan karya Pramuka yang merupakan wadah kegiatan ke - Adyastaan (pengawalan) Pemilu untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan praktis dalam bidang pencegahan dan pengawasan pemilu guna menumbuhkan kesadaran berperan serta dalam pengawasan pemilu. 


Demikian dikatakan Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Pesawaran Nanda Indira Dendi pada upacara Pelantikkan Majelis Pembimbing Saka (MABISAKA) dan Pimpinan Saka Adyasta (PINSAKA) Pemilu Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pesawaran Masa Bakti 2021-2026 serta Sosialisasi dari Bawaslu Pesawaran di Hotel Arinas Bandar Lampung, Senin (20/11/2023). 


Nanda menjelaskan tujuan dibentuknya Saka Adyasta Pemilu adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu, menciptakan Pemilu yang Bebas, Umum, Langsung dan Rahasia. 


“Kemudian juga menjadi sekolah demokrasi bagi anggota Pramuka di bidang pengawasan pemilu dan memberikan pendidikan khusus pengawasan pemilu bagi anggota Pramuka,” ucap Nanda. 


Selain itu, sasaran pembentukan Saka Adyasta Pemilu adalah untuk memperluas pengawasan pemilu ke pemilih pemula, mewujudkan calon aparatur pengawas pemilu serta menciptakan aktor pengawas pemilu. 


Nanda yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran mengatakan kegiatannya berupa peningkatan pengetahuan pengawasan pemilu dalam kegiatan kepramukaan dan juga meningkatkan keterampilan Pengawasan Partisipatif dalam kegiatan kepramukaan.


Harapannya dengan dibentuknya Saka Adyasta Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pesawaran ini, untuk mengembangkan pengawasan partisipatif. 


“Sehingga masyarakat, khususnya anggota Pramuka yang ada di Kabupaten Pesawaran bisa memahami pentingnya pengawasan Pemilu maupun Pilkada sejalan dengan amanah UU,” imbuhnya. 


Ia pun berharap dengan kepengurusan yang baru saja dilantik dapat menjalankan tugas dan perannya secara maksimal, sehingga dapat memberikan kontribusi nyata dalam kehidupan berdemokrasi di Kabupaten Pesawaran ini.


Nanda mengajak untuk meningkatkan pengawasan dalam pelaksanaan Pemilu dan Pilkada yang sudah dekat. 


“Bersama rakyat awasi Pemilu, Bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu”, pungkasnya. 


Hadir juga Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Pesawaran yang juga Anggota DPRD Kabupaten Pesawaran Aria Guna, Ketua Bawaslu selaku Ketua Mabisaka Adyasta Kabupaten Pesawaran, Komisioner Bawaslu yang juga selaku Pimpinan Saka Adyasta Kabupaten Pesawaran, Waka Bidang Saka, Sako, Bela Negara dan Gugus Dharma, para  pengurus  Kwarcab,  andalan cabang, dewan  kerja cabang gerakan pramuka Kabupaten Pesawaran serta para Ketua Kwartir  Ranting  gerakan  pramuka se-Pesawaran. (Red)

0 Komentar