Gubernur Terima Penghargaan Provinsi Terbaik Realisasi Belanja Daerah Tertinggi Tahun 2022 Ajang APBD Award 2023 di Jakarta


Bandarlampung - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menerima Penghargaan Provinsi Terbaik Realisasi Belanja Daerah Tertinggi Tahun 2022 dalam ajang APBD Award 2023, yang digelar di Mercure Convention Center Ancol, Jakarta Utara, Kamis (16/3/2023).

Acara tersebut berbarengan dengan Rapat Koordinasi Nasional Keuangan Daerah tahun 2023 yang diadakan Kemendagri.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia John Wempi Wetipo kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Provinsi Lampung menempati peringkat pertama Persentase Realisasi Belanja Daerah Tertinggi Tahun Anggaran 2022, dengan capaian 97,25%. 

Gubernur berharap, dengan diraihnya penghargaan ini, dapat terus memacu dan memotivasi kinerja baik OPD di lingkup Pemerintah Provinsi Lampung maupun Kabupaten/Kota dalam pengelolaan belanja daerah yang efektif, efisien, akuntabel, transparan, serta sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Atas nama Pemerintah, Wakil Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia John Wempi Wetipo menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Daerah yang sudah mengoptimalkan penyerapan realisasi APBD Tahun Anggaran 2022.

"Semoga di Tahun Anggaran 2023 dapat semakin ditingkatkan profesionalisme dalam pengelolaan keuangan daerah yang efektif, efisien, patut, wajar, rasional, dan akuntable," harapnya.

Sementara itu, Direktur Jendral Bina Keuangan Daerah Kemendagri Agus Fatoni menyampaikan bahwa tema Rakornas yaitu percepatan realisasi APBD, Penanganan Inflasi, Stunting, Kemiskinan Ekstrem, serta Persiapan Pilkada serentak.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan hari ini ada dua kegiatan utama, Salah satunya yaitu Pemberian penghargaan kepada Kepala Daerah Gubernur, Bupati/Walikota terhadap realisasi APBD Tertinggi dengan tiga Kategori yaitu realisasi pendapatan, realisasi belanja, dan peningkatan PAD.

Selain dihadiri oleh Gubernur, Bupati dan Walikota penerima penghargaan, kegiatan ini juga diikuti oleh 1.454 peserta baik yang hadir secara langsung maupun mengikuti secara virtual.

Berikut daftar Penerima penghargaan APBD Award 2023, dimasing-masing kategorinya.

- Kota Penerima Penghargaan Realisasi APBD Tertinggi Tahun 2022

Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi
1. Kota Samarinda
2. Kota Banjar Baru
3. Kota Bontang
4. Kota Mojokerto
5. Kota Denpasar

Realisasi Belanja Daerah Tertinggi
1. Kota Pekanbaru
2. Kota Kotamobagu
3. Kota Sukabumi
4. Kota Tasikmalaya
5. Kota Metro

Realisasi Peningkatan PAD Tertinggi
1. Kota Palangkaraya
2. Kota Kendari
3. Kota Pekanbaru
4. Kota Tegal
5. Kota Cirebon


- Kabupaten Penerima Penghargaan Realisasi APBD Tertinggi Tahun 2022

Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi
1. Bojonegoro
2. Sumbawa Barat
3. Kutai Kertanegara
4. Tanah Laut
5. Tabalong

Realisasi Belanja Daerah Tertinggi
1. Aceh Tamiang
2. Yahukimo
3. Nduga
4. Gayo Luwes
5. Luwu Timur

Realisasi Peningkatan PAD Tertinggi
1. Waropen
2. Intan Jaya
3. Puncak Jaya
4. Mappi

(Hidayah)

0 Komentar