Buka MTQ Provinsi Lampung ke- 49 di Mesuji, Gubernur Arinal Ajak Tingkatkan SDM Unggul dan Qur’ani Menuju Lampung Berjaya



MESUJI (MB), ---- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke- 49 Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2022 di Alun-Alun Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji, Sabtu (3/12/2022) malam.


Arinal mengajak melalui MTQ Tingkat Provinsi Lampung, bersama-sama dalam meningkatkan kualitas SDM yang unggul dan Qur’ani untuk mewujudkan masyarakat yang religius dan moderat menuju Lampung Berjaya.


"MTQ terselenggara, Lampung Berjaya. Kita sukseskan MTQ ke- 49, ciptakan insan yang religius," ujar Arinal.


MTQ ke- 49 Tingkat Provinsi Lampung ini  dilaksanakan pada tanggal 2 - 9 Desember 2022 di Kabupaten Mesuji sebagai tuan rumah.


Kegiatan ini diikuti oleh 646 peserta meliputi 327 peserta Putra dan 319 peserta Putri.


Arinal mengatakan MTQ ini merupakan pengembangan syiar Islam dan ikhtiar untuk mengagungkan kalam ilahi, memperkuat keimanan, dan memperluas fungsi edukatif kitab suci Al-Qur’an bagi umat Islam. 


Menurutnya, MTQ harus terus digalakkan dalam setiap jenjang, baik Nasional, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, bahkan Kelurahan untuk meninggikan Kalam Allah dan memupuk kecintaan umat terhadap Al-Qur’an.


"Setiap muslim harus menjadi pribadi unggul yang menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan, sehingga dapat memberikan kemaslahatan bagi masyarakat. Dan ilmu pengetahuan merupakan identitas generasi Qur’ani," katanya.


Pemerintah Provinsi Lampung sendiri memiliki program "Lampung mengaji" dalam upaya menciptakan kehidupan yang religius (agamis), berbudaya, aman, dan damai di Provinsi Lampung.


"Oleh karena itu, saya berharap MTQ tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al-Qur’an, tetapi jalan mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al-Qur’an," katanya.


Melalui MTQ Tingkat Provinsi Lampung, Arinal meminta kepada para peserta MTQ jangan hanya mengejar kemenangan.


"Namun lebih kepada upaya memupuk motivasi dan keinginan yang kuat untuk menguasai ilmu-ilmu keagamaan yang berkaitan dengan Al-Qur’an," katanya.


Hadir pada kesempatan itu, Sekretaris Umum LPTQ Pusat Ahmad Jayadi, Bupati/Walikota, Forkopimda dan para Tokoh Lintas Agama.


Sementara itu, Pj. Bupati Mesuji Sulpakar mengatakan pelaksanaan MTQ ke- 49 Tingkat Provinsi Lampung ini menjadi kebanggaan Pemerintah dan seluruh segenap masyarakat Kabupaten Mesuji karena dipercaya menjadi tuan rumah.


"Semoga ini dapat menjadi motivasi untuk kami terus berbenah, bekerja untuk Kabupaten Mesuji. Kami bekerja keras antar semua pihak untuk bersama mensukseskan MTQ ini memberikan yang terbaik sesuai moto kami, bergerak bersama maju semua," ujar Sulpakar.


Sulpakar menyebutkan dalam memeriahkan MTQ Tingkat Provinsi Lampung, dilaksanakan juga Mesuji Expo 2022.


"Ini untuk menambah semarak MTQ yang tujuan indikatornya untuk sejauh mana pembangunan yang kami lakukan dan sebagai sarana untuk mempromosikan berbagai sektor unggulan di Kabupaten Mesuji," katanya.


Ketua LPTQ Provinsi Lampung Qudrotul Ikhwan mengatakan MTQ ke- 49 Tingkat Provinsi Lampung ini dilaksanakan dibeberapa lokasi di Kabupaten Mesuji.


Diantaranya, untuk MTQ Golongan Tilawah Anak-anak, Remaja, Dewasa dan Tartil Al-Qur’an bertempat di Masjid Al-Muhajin Simpang Pematang.


Kemudian, MTQ Golongan Qiraat Murottal Remaja, Qiraat Murottal Dewasa, Qiraat Mujawwad Dewasa, Cacat Netra bertempat di Balai Desa Simpang Pematang Mesuji.


"Lalu ada Musabaqah Hifzil Qur’an Golongan Tahfidz 1 Juz, 5 juz, 10 Juz dan 20 Juz  bertempat di Masjid Miftahul Hidayah Simpang Pematang Mesuji," ujar Qudrotul.


Qudrotul menjelaskan selanjutnya ada Musabaqah Hifdzil Qur’an Golongan Tahfidz 30 dan Tafsir Al-Qur’an bertempat di Miftahul Jannah Simpang Pematang Mesuji.


Dan Musabaqah Fahmil Qur’an bertempat di MAN I Simpang Pematang Mesuji serta Musabaqah Syarhil Qur’an bertempat di Balai Desa Simpang Pematang Mesuji.


"Lalu Musabaqah Khottil Qur’an bertempat di MTSn 1 Mesuji, Musabaqah Makalah Ilmiah Al-Qur’an (M2IQ) bertempat di Labkom SMKN 1 Mesuji dan Musabaqah Hifzhul Hadits bertempat di Masjid Wisata Religi," katanya.


Qudrotul menyebutkan Dewan Hakim pada MTQ tersebut berjumlah 125 orang serta Pengawas 12 orang.


Ia mengatakan tujuan MTQ ini salah satunya untuk mempersiapkan Kafilah Provinsi Lampung pada STQ Nasional ke- 27 mendatang.


"Melalui MTQ ke- 49 Tingkat Provinsi Lampung ini diharapkan akan menumbuh kembangkan kecintaan terhadap Al-Qur’an dan budaya literasi Al-Qur’an, serta meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai luhur ajaran Al-Quran," katanya.(Adpim)

0 Komentar