Warjito: Manfaat Program JKN Itu Nyata

 



Lampung Utara (M9G), – Dengan bertambahnya usia maka seseorang akan semakin berisiko untuk mengalami gangguan asam lambung. Dikutip dari Hellosehat.com,  lansia dengan beberapa kondisi kronis memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami penyakit asam lambung. 


Sebagian besar dari mereka mungkin mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi gejala penyakit kronis yang dialami namun obat tersebut dapat menyebabkan otot-otot katup tenggorokan menjadi kendor. Selain itu -peningkatan berat badan yang sering terjadi pada lansia juga bisa menyebabkan penyakit asam lambung terjadi. 


Hal ini dialami oleh Warjito (67) warga Bunga Mayang, Kotabumi. Asam lambung yang dideritanya telah berulang kali kambuh dan kini menyebabkan dirinya harus menjalani rawat inap di RSD Mayjend HM. Ryacudu. Didampingi oleh anaknya ia bersedia menceritakan pengalamannya selama menjalani perawatan di rumah sakit, Selasa (15/10).


“Namanya juga orang tua, saya sudah sering bolak-balik rawat inap di rumah sakit. Saat ini saya di opname karena maag, maag saya ini sering sekali kambuh dan rasanya tidak enak sekali. Terakhir kemarin saat maag kambuh rasa nyerinya tidak tertahankan makanya saya dilarikan ke rumah sakit,” jelas Warjito.


Ini sudah hari ke 2 Warjito di rawat di rumah sakit. Karena dirinya sudah sering keluar masuk rumah sakit, ia menyadari bahwa saat ini sudah banyak peningkatan kualitas layanan khususnya kepada Peserta JKN.


“Dari awal masuk rumah sakit saya tidak mendapatkan kendala sama sekali. Menurut saya sih sekarang pelayanannya sudah makin baik, diskriminasi layanan sudah tidak saya rasakan,” tambahnya.


Mengingat ia sudah sering mengakses layanan kesehatan menggunakan kartu KIS Warjito sadar betul bahwa manfaat kepesertaan dalam Program JKN sangat nyata.


“Coba bayangkan jika saya tidak punya KIS, selama bertahun-tahun ini dari mana saya mencari biaya berobat? Penting sekali punya KIS, saya himbau masyarakat bagi yang belum punya agar segera daftarkan diri dan keluarga ke dalam Program JKN. Anggep aja sedia payung sebelum hujan,” imbuhnya.


Warjito berharap seluruh masyarakat Indonesia akan terdaftar ke dalam Program JKN sehingga akses layanan kesehatan akan terbuka bagi semua kalangan tanpa terkecuali. Hal ini demi tercapainya Indonesia yang lebih sehat.



 (Budi Irawan)

0 Komentar