Peringati Hari Diabetes Sedunia 2022, Ibu Riana Sari Arinal Ajak Masyarakat Cegah dan Kendalikan Diabetes dengan Olahraga Teratur dan Pola Makan Sehat



BANDARLAMPUNG (M9G), ----- Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Lampung Ibu Riana Sari Arinal  mengajak seluruh masyarakat di Provinsi Lampung untuk mencegah dan mengendalikan diabetes melalui pemeriksaan kesehatan, olahraga teratur serta mengatur pola makan yang sehat.


Hal tersebut disampaikan Ibu Riana pada acara I Give My #Hands4Diabetes dalam rangka memperingati Hari Diabetes Sedunia (World Diabetes Day) 2022, yang dilaksanakan di Lapangan Korpri, Komplek Kantor Gubernur, Bandar Lampung, Minggu (13/11/2022).


Ibu Riana menjelaskan Diabetes Mellitus (DM) merupakan salah satu penyakit kronis penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Bahkan jumlah angka kesakitannya terus meningkat. 


"Indonesia sendiri tercatat sebagai negara dengan jumlah pengidap tertinggi nomor 5 di dunia, dan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang masuk dalam 10 besar negara dengan jumlah penderita Diabetes yang tinggi," jelas Ibu Riana.


Tantangan utama yang dihadapi dalam pengendalian Diabetes di Indonesia adalah pasien sering kali terlambat mengetahui penyakit DM, sehingga sering ditemukan pada tahap lanjut atau sudah disertai dengan komplikasi, seperti serangan jantung dan stroke, infeksi kaki yang berat yang dapat mengakibatkan kecacatan sampai kematian dini.


"Sebenarnya Diabetes merupakan penyakit yang dapat kita kendalikan atau kita lawan bila kita dapat mendeteksi sedini mungkin, karena Diabetes sering dikaitkan dengan gaya hidup dan pola makan seseorang yang berakibat meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh,"


"Upaya yang dapat dilakukan untuk mendeteksi dan mengendalikan Diabetes adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur sehingga kita bisa mengetahui apakah kita memiliki penyakit Diabetes atau tidak," ujar Ibu Riana.


Menurut Riana, bila hasil pemeriksaan menunjukkan seseorang memiliki penyakit tersebut maka harus melakukan perubahan gaya hidup dengan melakukan pemeriksaan gula darah dan aktifitas fisik secara teratur, seperti senam atau olahraga serta mengatur diet makanan.


Ibu Riana mengatakan YJI Indonesia cabang Lampung mendukung upaya pencegahan dan pengendalian Diabetes dengan mendorong masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan senam secara teratur melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Klub Jantung Sehat yang tersebar di seluruh wilayah provinsi Lampung. 


Usai memberikan sambutan, Ibu Riana Sari Arinal melakukan pendatanganan petisi sebagai wujud dukungan dalam mencegah dan melawan diabetes, dan dilanjutkan dengan olahraga senam Lampung berjaya bersama masyarakat.  


Seperti diketahui, dalam rangka memperingati World Diabetes Day 2022, Tropicana Slim menyelenggarakan #Hands4Diabetes2022 dengan misi mengajak masyarakat Indonesia agar lebih peduli untuk mencegah dan melawan diabetes. 

Kegiatan ini mengangkat tema “Ganti Gulanya, Jaga Lemaknya, Lawan Diabetes” untuk mengedukasi masyarakat bahwa selain memperhatikan asupan gula, penting juga memperhatikan asupan lemak untuk cegah dan atasi diabetes.


#Hands4Diabetes2022 terdiri dari serangkaian kegiatan edukatif dan interaktif, mulai dari roadshow berupa edukasi pencegahan dan kontrol gula darah melalui gaya hidup sehat, hingga menutup rangkaian dengan senam bersama dan pengecekan cek gula darah serentak di 23 kota se-Indonesia yang didukung oleh Accu-Chek sebagai partner cek gula darah nasional. (Adpim)

0 Komentar