Dewi, Berobat Gunakan Kartu KIS Merasa Nyaman


Lampung Utara
- Telah Dua minggu lamanya Dewi, warga Abung Pekurun mendampingi Hendri, adik kandungnya yang tengah dirawat di RSD Mayjend. HM. Ryacudu Kotabumi karena penyakit Tuberkulosis (TBC) yang dideritanya.


Tuberkulosis (TBC) terdiri dari beberapa jenis dan memiliki ciri-ciri tertentu. TBC yang diderita oleh adik Dewi adalah TBC paru dimana penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyerang sistem pernapasan.

 

Diagnosis tuberkulosis paru dapat ditegakkan melalui anamnesis gejala, pemeriksaan fisik toraks, serta pemeriksaan penunjang berupa rontgen toraks, pewarnaan bakteri tahan asam (BTA) sputum, kultur, dan pemeriksaan genetik amplifikasi asam nukleat.


“Adik saya, Hendri, sudah sering sekali bolak-balik ke rumah sakit karena penyakit TBC yang diidapnya. Tubuh adik saya sampai kurus sekali dan lemah, makanya harus dirawat dua minggu terakhir ini. Bahkan ini adik saya baru saja selesai di operasi, untungnya berjalan lancar,” tutur Dewi, Senin (22/08).


Dewi merasa prihatin atas kondisi sang adik. Beruntung ada kartu KIS yang menjadi salah satu penyemangat dalam mendampingi pengobatan adiknya hingga dinyatakan sembuh dari TBC.


“Jangka waktu pengobatan TBC ini panjang sekali bisa sampai 6 bulan bahkan lebih, untung kami sekeluarga sudah terdaftar menjadi Peserta JKN sejak lama sehingga adik saya bisa menjalani pengobatan tanpa biaya,” lanjut Dewi.


Selama masa pengobatan Dewi mengaku tidak menemui kendala sama sekali.


“Dari faskes tingkat 1 sampai rumah sakit semua prosesnya lancar. Pokoknya kunci berobat lancar pakai kartu KIS adalah kita harus memahami dan mengikuti seluruh prosedur yang ada. Intinya jangan malas mencari informasi,” tambahnya.


Walaupun adiknya berobat secara gratis berkat kepesertaannya Program JKN, Dewi mengaku pelayanan kesehatan yang diterima sudah cukup baik dan memuaskan.


“Tidak ada perbedaan perlakuan kok antara pasien umum dan pasien BPJS Kesehatan. Harapan saya semoga adik saya bisa segera sembuh dari TBC dan semakin banyak orang yang mendaftarkan diri ke dalam Program JKN agar kesehatan diri dan keluarganya dapat terlindungi,” tutup Dewi.

0 Komentar