dr.Zam, Mengisi Acara Talk Show TVRI


Bandar Lampung
- dr.Zam talk show di acara Sehat Itu Perlu mengakat tema "Kesehatan Jemaah Haji" di TVRI Lampung pukul 15.00 Wib, Jum'at (3/6/2022).

Selaku Ketua Asosiasi Kesehatan Haji Indonesia (AKHI) Wilayah Lampung dr.Zam Zanariah,Sp.S.M.Kes yang sering disapa "Kanjeng" kembali menghiasi layar kaca bersama presenter dr.Isura Febrihartati selama 1 (satu) jam, kedua dokter cantik ini berdialog mengenai Kesehatan Jemaah Haji.

"Dalam rangka perlindungan terhadap jamaah haji agar dapat melaksanakan ibadahnya sesuai dengan ketentuan Syariat Islam, perlu dilakukan pembinaan dan pelayanan kesehatan jamaah haji sebelum keberangkatan, hal ini dilakukan untuk mewujudkan istithaah (kemampuan) kesehatan jemaah haji," kata dr.Zam 

"Kegiatan ini dilakukan karena kesehatan merupakan satu dari tiga syarat istithaah dalam melaksanakan ibadah haji, yaitu pengetahuan, ekonomi, dan kesehatan. Istithaah kesehatan jamaah haji memiliki makna kemampuan jamaah haji dari aspek kesehatan yang meliputi fisik dan mental yang terukur dengan pemeriksaan. Sehingga, jamaah bisa menjalankan ibadah haji sesuai dengan syariat agama Islam", tambah dr.Zam.

"Dok, bagaimana dengan jemaah yang kondisi kesehatannya tidak baik, karena faktor usia, apakah ada tim pendampingan khusus," tanya Pak Bambang (Penonton dari Metro bertanya).

"Tentu ada pendampingan khusus untuk orang tua lanjut usia (lansia) dan resiko tinggi (Risti), harapannya kerja sama semua pihak, termasuk Ketua kloter, TPHD, TPIH, TKHI, dan jamaah satu kloter saling membantu dan memahami kondisi jamaah lansia dan risti juga baik dari pihak keluarga juga ada yang ikut mendampingi juga tidak lupa bawa obat khusus ", kata dr.Zam

Rangkaian pemeriksaan istithaah kesehatan diantaranya pendaftaran, pengukuran anthropometri (Berat Badan, Tinggi Badan, Lingkar Perut), Laboratorium (Cek Darah, Urine dan Dahak), Radiologi, EKG dan Pemeriksaan Fisik.

"Adapun hal yang harus diperhatikan, bahwa saat ini vaksinasi internasional sangat diperlukan ketika di emberkasi ataupun saat pemberangkatan. Untuk itu kami menghimbau untuk mengikuti tata cara penggunaan aplikasi terkait vaksinasi internasional dengan benar", kata dr.Isura

Acara ini diharapkan dapat mengetahui  kondisi kesehatan jamaah haji dan untuk menentukan kelaikan jamaah haji dalam menunaikan ibadah haji. Sehingga jamaah haji dapat menunaikan ibadah haji dengan lancar, aman, nyaman, sehat dan selamat hingga kembali lagi dari Tanah Suci. Semoga menjadi haji mabrur.


Penulis : Red/Indh

0 Komentar